Monday, January 12, 2015

Memperbaiki Blackberry yang tidak bisa Booting alias BB Nuked

Beberapa hari yang lalu, iphone gw kena masalah..ngga bisa loading, dan stuck di logo apple, kebetulan gw lagi agak males ngutak-atik untuk memperbaiki..
Jadi gw santai aja, cabut simcard dan cari hape pengganti sementara..seinget gw, gw masih ada soner K800 sama blackberry 9700 dilaci kamar, gw kekamar buat ambil 9700, yah..minimal untuk sementara ada hape pengganti..Setelah cabut sana cabut sini, pasang sana pasang sini, dan menunggu loading blackberry yang sumpah lama bener, dan ngga keluar juga home screennya..haha, gw jadi ketawa sendiri, ternyata blackberry gw juga bermasalah..hahaha


Blackberry gw dalam kondisi NUKED
 Yah udah deh, kalau gitu sekalian, berhubung dua hape gw bermasalah, jadi gw pikir sekalian aja nguprek-nguprek..dengan semangat yang disemangat-semangatin..hiks, dan setengah hati yang bener-bener teririisss...ciaaaa, sinetron banget istilah loe cuy..haha

Gw siapin komputer, colok modem, dan mulai kerja-kerja...#kampfrettzzz!!

Pertama.. gw lakukan langkah standar ngecek BB kalau gagal booting, cabut batre, pasang lagi dengan semua memori dan simcard dicabut, dan ternyata..walah! BB gw bisa loading dengan selamat, meski agak sedikit terseok..haha dan berdasarkan investigasi murahan ini, gw menyimpulkan (dan penyimpulannya pun juga pasaran sih..hehe) kalau BB gw ini mungkin udah agak jadul bin urdu OS nya, dan gw mesti update..

Gw buka Desktop Manager untuk BB gw ini, dan ternyata..(karena dah setahun lebih ngga pake BB, DM gw juga ternyata udah jadul, jadi mesti download lagi yang baru disini) setelah kelar download, dan kelar install, gw download juga OS buat Onyx 9700 gw disini, loe bisa pilih sesuai dengan masalah dan seri BB loe yang bermasalah..asal jangan download masalah keluarga atau masalah keuangan aja..haha

Setelah semua download selesai, gw masuk ke C:Program Files\ Common Files\ Research in Motion\ AppLoader\ vendor.xml dan hapus vendor.xml nya (kalau gw sih biasanya gw cut dan move ke folder laen)

Nah, setelah semua masalah install dan hapus ini kelar, gw aktifin Desktop Manager, gw koneksiin BB gw ke komputer, kemudian beberapa detik kemudian ada notifikasi, kalau BB gw terdeteksi, dan ada option untuk mengUpgrade OS nya, karena OS BB gw ini masih versi 5, dan sudah ada versi 6 buat BB ini, gw update, dan sisanya berjalan otomatis, kalau ada pilihan untuk di backup, gw pilih backup, dan saran gw buat loe, mending dibackup juga..siapa tau ada data yang masih perlu..

Setelah semua proses installasi kelar, gw cabut batre, pasang simcard.. dan walah! ternyata bisa booting dengan lancar dan jauh lebih cepat dibanding sebelumnya dengan OS 5 tanpa simcard.

Setelah BB gw kelar, gw juga mulai menyiapkan hardware buat memperbaiki iphone gw yang gagal booting juga. Loe bisa baca tulisan ngasal gw disini. cheers!

No comments:

Post a Comment